Dark/Light Mode

Konten Kreator Yang Bijak Utamakan Kualitas, Bukan Viralitas

Sabtu, 20 Agustus 2022 14:41 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

 Sebelumnya 
Menurutnya, untuk dapat menghindari hal-hal negatif di dunia maya terkait dengan budaya warganet harus mengikuti norma budaya yang berlaku di dunia nyata. Sopan di dunia nyata maka harus sopan juga di medsos.

“Di dunia digital setiap orang memang punya hak untuk berekspresi dan berpendapat. Tapi, jangan sampai menyinggung, menyakiti, melanggar hak orang lain serta aturan yang berlaku," ucapnya.

Jadi, kalau konten yang menyinggung apalagi menyakiti tidak bisa dinamakan sebagai bagian dari kebebasan berpendapat. Misalnya, karena ingin viral seseorang malah menyebarkan kabar bohong ataupun mengumbar rahasia pribadi artis atau kawan-kawan yang lain. "Maka konten ini akan melanggar UU ITE,” jelasnya.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Konten Kreator, Denka Kenalkan Mikrofon Wireless Terbaru

Relawan TIK Indonesia dan Direktur Gitek.Id M Muzaqi menambahkan, aktivitas setiap warganet di dunia maya akan menghasilkan jejak digital atau digital footprint.

"Sehingga, perlu kehati-hatian khususnya dalam membuat dan menyebarkan konten," katanya.

Beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mengelola jejak digital antara lain, mencari tahu perkembangan jejak diri sendiri lewat mesin pencarian, mengatur fitur privasi dalam akun media sosial, rajin memeriksa fitur cookies dalam perangkat digital sekaligus memblokir tak dikenal yang mengirimkan cookies.

Baca juga : Sesjen Kemendikbudristek Imbau Pejabat Yang Dilantik Jalankan Amanah Dengan Semangat Kolaboratif

"Setelah itu unggahlah konten yang bermuatan positif untuk disebar," tegas Muzaqi.

Ia mengingatkan, apapun konten dan data yang sudah dibagikan di internet, akan selalu ada meskipun sesungguhnya sudah pernah dihapus. Jejak digital yang sudah ditinggalkan akan tetap bisa dicari dan ditelusuri, makanya harus waspada dan hati-hati.

"Perlu bijak dalam bermedia sosial, jangan sampai rekam jejak digital justru disalahgunakan dan pada akhirnya kita malah tersandung UU ITE,” imbuhnya.

Baca juga : BUJT Dan Kontraktor Diingatkan Jaga Kualitas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen

Sekadar informasi, webinar ini merupakan program Gerakan Nasional Literasi Digital. Diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.