Dark/Light Mode

6 Jenis Game Online Populer Plus Daya Tariknya

Minggu, 23 Juli 2023 13:01 WIB
Bermain game online/Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Bermain game online/Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Permainan alias game sedang berada di fase evolusi yang hebat. Dalam kurun waktu kurang lebih 30 tahun terakhir, perkembangan di dunia game berjalan sangat cepat.

Bagi para generasi milenial, mungkin masih ingat ketika permainan hanya sebatas game portable yang hanya dapat dimainkan seorang diri. Saat ini, game online dapat dimainkan bersama dengan teman tanpa kenal jarak, yang sangat mendominasi pasar dunia game di seluruh dunia. Bahkan hampir setiap bulannya akan rilis game terbaru.

Untuk mencoba berbagai demo game secara gratis, situs Siberuang patut dikunjungi. Situs ini menyediakan banyak game, mulai dari game online hingga game offline dalam berbagai versi.

Dengan memanfaatkan jaringan internet, game online saat ini menjadi primadona yang memiliki penggemar begitu banyak di seluruh dunia. Salah satu daya tarik dari game online adalah ada banyak orang yang dapat ikut serta atau terlibat dalam satu permainan, sehingga membuat permainan menjadi lebih menarik dan seru.

Baca juga : Bangun Kemitraan, Telin Telkom Perluas Jaringan Global

Game online juga memiliki berbagai jenis permainan yang beragam dengan alur cerita serta perspektif yang seru dan berbeda-beda. Berikut, enam jenis game online populer.

1. Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPG)

Jenis MMORPG merupakan salah satu jenis game online yang paling banyak diminati para pecinta games di seluruh dunia. Jenis game ini sangat menarik karena akan membawa pemain memainkan peran dari tokoh fiksi yang memiliki beragam keunikan, seperti kekuatan dan kemampuannya.

Apabila kebanyakan game online memiliki alur cerita yang kompetitif, jenis MMORPG pada umumnya didominasi alur cerita yang kolaboratif antara satu pemain dengan pemain lainnya untuk membentuk kelompok dalam mencapai tujuan tertentu. Contoh game MMORPG adalah Final Fantasy, Dota, Ragnarok Online, dan RAN Online.

2. Massively Multiplayer Online First-Person Shooter Games (MMOFPS)

Sedikit berbeda dari MMORPG, jenis game MMOFPS mengambil sudut pandang orang pertama dengan membuat pemain seolah-olah berada dalam permainan tersebut dengan sudut pandangnya. Sesuai dengan namanya, First Person Shooter, game MMOFPS pada umumnya mengambil latar belakang cerita dan tempat dalam situasi peperangan yang dilengkapi dengan perlengkapan militer.

Baca juga : BNPT: Lawan Radikalisme Online Dengan Kontra Narasi

Selain itu, umumnya karakter dalam game akan dilengkapi dengan berbagai keunikan tersendiri. Mulai dari kekuatan, kelemahan, hingga kemampuan khusus. Game FpS juga biasa dimainkan dengan membentuk tim dengan pemain lain yang terhubung secara online melalui server game. Contoh game MMOFPS yaitu, Point Blank, Counter Strike, Call of Duty, dan Valorant.

3. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar kata MOBA dari para pemain game online. Jenis Battle Arena diartikan karena jenis game ini dimainkan dalam sebuah arena dengan pengaturan karakter, kemampuan, dan atribut yang dapat disesuaikan untuk mengalahkan musuh. Game MOBA pada umumnya terbentuk menjadi 2 tim dengan masing-masing tim berisikan 5 orang yang akan bertarung untuk menjadi pemenang di dalam arena yang telah ditentukan. Beberapa contoh game MOBA seperti, Dota 2, Mobile Legends, dan Arena of Valor.

4. Battle Royale

Ketika mendengar kata ”Battle Royale”, kebanyakan mungkin akan langsung terlintas dipikiran akan satu game yang populer, yaitu PUBG atau Players Unknown Battle Ground. Battle Royale adalah jenis game kompetitif yang mengharuskan satu orang terakhir harus bertahan hingga akhir untuk menjadi pemenang dari sekian banyak jumlah pemain lain yang bermain dalam waktu serta arena yang sama. Untuk bertahan hingga akhir, pemain harus mengeksplorasi arena untuk beragam jenis kebutuhan bertahan hidup, seperti senjata, armor, dan kendaraan. Selain PUBG, game lain yang berjenis Battle Royale adalah Fortnite, Apex, dan Free Fire.

5. Simulation Game

Jika mencari jenis game online yang santai tanpa ada kompetisi, simulation game atau game simulasi adalah jenis terbaik untuk mengisi waktu luang Anda. Simulation game menawarkan pengalaman melakukan sesuatu berdasarkan kontrol pemain. Ada beberapa jenis game simulasi, seperti life-simulation games, construction simulation, management, dan vehicle simulation. Contoh game simulasi yaitu, The Sims, Euro Truck Simulator, Real Flight Simulator, dan Hay day.

6. Real Time Strategy (RTS)

Baca juga : Genjot Fisik, Pendekar Cisadane Gelar TC Di Yogyakarta

Real Time Strategy biasanya didominasi game dengan latar peperangan. Sesuai dengan namanya, game ini menuntut pemain untuk menciptakan strategi terbaik untuk memenangkan permainan dan mengalahkan lawan. Dalam game RTS juga tidak hanya dibutuhkan strategi perang, melainkan juga strategi untuk membangun kota dan mengelola sumber daya yang ada. Beberapa contoh game jenis RTS adalah, Age of Empire, Warcraft, Rise of Nations, dan Clash of Clans.

Itulah enam jenis game online dengan masing-masing daya tariknya. Ditambah dengan alur permainan yang menarik, dapat bermain dengan pemain lain secara online membuat berbagai jenis game ini menjadi tidak membosankan, karena setiap pemain akan memiliki strategi dan cara bermain yang berbeda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.