Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ahmad Riza Patria Sebut Pasien Omicron Bukan Warga DKI

Kamis, 16 Desember 2021 22:17 WIB
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria  (foto:Ist)
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (foto:Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut orang pertama yang terpapar varian Omicron bukan warga DKI Jakarta, meskipun bekerja sebagai petugas kebersihan di Wisma Atlet Jakarta.

"Dari informasi yang diterima, orang tersebut bukan warga Jakarta," kata Riza  di Balai Kota Jakarta, Kamis (16/12).

Riza menjelaskan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta saat ini sedang melakukan pengecekan ulang untuk memastikan validitas informasi tersebut.

Baca juga : Antisipasi Omicron, PM Inggris Mainkan Rencana B

"Apakah kasus varian Omicron di Jakarta masuk melalui WNA yang ke Jakarta. Kami akan melakukan pengecekan lebih luas dan mendalam. Mudah-mudahan infonya bisa lebih valid lagi," ujarnya.

Menurut Riza, dengan adanya temuan kasus ini harus dilakukan penelusuran untuk memastikan tidak ada lagi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

"Pemeriksaan dan testing, terus kita galakkan lagi," ucap Riza dikutip Antara 

Baca juga : Dinkes DKI Pastikan, Omicron Belum Masuk Jakarta

Diketahui,varian baru Omicron terdeteksi untuk pertama kali di Indonesia pada Rabu (15/12) malam.

Hal tersebut diumumkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang juga menyebut pasien pertama itu berada di Wisma Atlet Jakarta.

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien berinisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data-datanya sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing Omicron," kata Budi kepada wartawan, Kamis.

Baca juga : Bandara Soetta Sambut Pesawat Delegasi G20 Dengan Water Salute

Budi membeberkan N adalah petugas kebersihan di Wisma Atlet, Jakarta. Pada 8 Desember 2021, sample rutin diambil di wisma atlet kemudian dikirimkan ke Kemenkes untuk Whole Genome Sequences (WGS).

"Kami terima 10 Desember dan kami lihat ada tiga pekerja pembersih di Wisma atlet positif PCR, tapi positif Omicron satu orang. Hasil itu kami terima pada 11 Desember," kata Menkes.

Meskes memastikan ketiga orang ini tanpa gejala. "Jadi mereka masih sehat tidak ada demam dan batuk. Mereka bertiga juga dipastikan sudah dites PCR kembali dan tes PCR kedua sudah negatif," ungkap Budi. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.