Dark/Light Mode

Diingatkan Jokowi

Tekan Stunting Bukan Target Enteng, Harus Kerja Serius...

Jumat, 29 Januari 2021 05:29 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Rakornas Kemitraan Bangga Kencana 2021 di Istana Negara, Jakarta. (Foto : Instagram @jokowi).
Presiden Jokowi saat membuka Rakornas Kemitraan Bangga Kencana 2021 di Istana Negara, Jakarta. (Foto : Instagram @jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyoroti persoalan stunting (kekerdilan pada anak) di tengah pandemi Covid-19. Eks Wali Kota Solo ini memprediksi, angka stunting bakal meningkat.

Jika kondisi ini tidak segera di­atasi, potensi kerugian ekonomi yang diakibatkan stunting di Indonesia bakal makin mem­bengkak.

“Angka stunting Indonesia di 2019 masih di 27,6 persen. Angka ini diperkirakan naik,” kata Jokowi saat membuka Rakornas Kemitraan Bangga Kencana 2021 di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Keluarga Korban Tabur Bunga Di Kepulauan Seribu

Karena itu, Jokowi menarget­kan stunting harus turun menjadi 14 persen pada 2024. Meski itu tidak mudah. Namun, dia meyakini, target tersebut dapat tercapai apabila manajemen di lapangan dikelola dengan baik.

“Target 14 persen di 2024 bukan target enteng. Tapi kalau kerja serius, lapangan dikuasai, bekerja sama, berkolaborasi, saya kira penurunan stunting bisa dilakukan signifikan,” jelas man­tan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi mengatakan, diper­lukan keseriusan kerja dan ko­laborasi di lintas Kementerian/ Lembaga (K/L) untuk mewu­judkan hal ini.

Baca juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Jokowi Tinjau Lokasi Banjir Di Kabupaten Banjar

Kegiatan itu nanti akan dikoordinasi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manu­sia dan Kebudayaan (PMK) dan ketua pelaksananya ada di Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Na­sional (BKKBN).

“Artinya, BKKBN memegang kendali pencegahan stunting mulai saat ini,” katanya.

Menurut Jokowi, beberapa waktu lalu sudah didesain kon­solidasi anggaran untuk penanganan stunting di Indonesia. Selain itu, juga dibuat berbagai program di lintas K/L.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.