Dark/Light Mode

Jelang Ramadan

Peran Posko Corona Harus Ditingkatkan

Senin, 29 Maret 2021 08:27 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/3/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. (Foto : Istimewa).
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/3/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Mereka akan terus melaku­kan monitoring kepatuhan baik per individu maupun di tingkat institusi.

Sedangkan untuk untuk mengantisipasi efek lonja­kan kasus terjadi pada libur panjang, Wiku mengatakan, pemerintah sudah melakukan koordinasi lintas kemente­rian/lembaga, baik untuk mempersiapkan dari segi kebijakan maupun kesiapan operasional di lapangan.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyatakan, umat Islam di seluruh Indonesia boleh melaksanakan shalat tarawih di masjid selama bulan Ramadan.

Baca juga : Kemenkes Pastikan Vaksinasi Aman

Namun, dengan syarat, masyarakat menaati protokol kesehatan Covid-19 secara ketat ketika beraktivitas di masjid.

“Kita persilakan masjid di semua daerah dibuka tapi tetap dengan menjaga jarak, gunakan masker,” ujar JK.

Jemaah diminta membawa alas shalat masing-masing. Dan pihak masjid, diwajib­kan menyediakan tempat cuci tangan dan disinfek­tan di setiap pintu masuk masjid.

Baca juga : Awas, Banyak Yang Nekat Pulkam Ngakali Petugas

Pengurus masjid, bisa menaruh orang di setiap pintu masuk. Selain untuk mengu­kur suhu, mereka juga bisa mengawasi para jemaah.

Apabila ada jemaah yang tidak mematuhi protokol kesehatan, pengurus masjid harus menegurnya.

“Kalau ada jemaah tak pakai masker, suruh dulu pakai masker baru boleh masuk. Kemudian, harus cuci tangan. Protokol kesehatan sederhana. Tidak ada yang rumit-rumit amat,” tegas mantan Wakil Presiden (Wapres) itu. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.