Dark/Light Mode

Solusi Konflik Hamas-Israel

PBB Kudu Hentikan Perang

Kamis, 12 Oktober 2023 07:20 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. (Foto: Antara)
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Solusi jangka pendek terse­but, di antaranya menghentikan segala bentuk kekerasan baik oleh Israel dan Hamas.

Komisi I DPR juga mendesak seluruh negara, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Iran mewujudkan perdamaian yang berbentuk solusi jangka panjang two-state solution.

“Yaitu terbentuknya negara Palestina merdeka yang ber­dasarkan hukum internasional dan parameter yang telah disepakati secara internasional,” tegas Meutya.

Baca juga : Jokowi: Hentikan Perang Segera..!

Dalam kesempatan terse­but, pihaknya juga meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat berperan lebih aktif memulai proses dialog dan menghentikan perang. Tidak terlihatnya PBB dalam upaya penyelesaian konflik Palestina menjadi kritik tajam terhadap eksistensi lembaga ini.

“PBB pun harus menolak segala solusi yang diputuskan secara unilateral,” sebutnya.

Terakhir, pihaknya juga meng­ingatkan agar Pemerintah Indo­nesia terus konsisten berpegang teguh pada amanah Konsti­tusi. Yakni, menentang berbagai bentuk penjajahan di muka bumi dan terus mendukung ke­merdekaan Palestina.

Baca juga : Kemenlu Kudu Siapkan Evakuasi Secepatnya

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid prihatin atas terus berlanjutnya penjajahan dan kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

Korbannya, ribuan warga sipil, tempat ibadah (masjid) dan Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Karena itu, dia mendesak Pemerintah Indonesia mengam­bil inisiatif menyelesaikan akar masalah antara Israel dengan Palestina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.