Dark/Light Mode

Soal Terima Kekalahan, Mega Ajari Prabowo

Jumat, 10 Mei 2019 07:56 WIB
Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) bertemu Cawapres 01 KH Maruf Amin (kedua kiri) di kediamannya, Kamis (9/5). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) bertemu Cawapres 01 KH Maruf Amin (kedua kiri) di kediamannya, Kamis (9/5). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Ma’ruf dan Mega pun menyatakan siap melakukan upaya-upaya rekonsiliasi, bertemu pihak paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, selepas KPU mengumumkan pemenang resmi Pemilu Serentak 2019.

Mega mengatakan  semua pihak harus menahan diri hingga pengumuman hasil Pemilu 2019 final. Mega juga menyebut semua pihak tahu apa yang harus dilakukan saat ini, untuk menghindari konflik akibat perbedaan saat pemilu.

Baca juga : Unggul 12,44 Persen, Jokowi Makin Tinggalkan Prabowo

”Kita tahulah apa yang harus dilakukan. Yang rugi nanti rakyat semua, dan kita semua tidak menginginkan hal itu,” ujarnya.

Mega menekankan, kalah menang dalam pilpres maupun pileg itu hal biasa, sehingga tak perlu dibesar- besarkan. “Saya sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, selalu menegaskan, kalah menang itu biasa. Jadi jangan terlalu dipersoalkan,” ujar Mega.

Baca juga : Soal Keturunan Arab, Prabowo Nyerang Hendro

Menurutnya, pemilu bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Gelaran pemilu sudah dilakukan sejak 1955, dan setiap peralihan kepemimpinan pemerintah selalu dinikmati rakyat.

“Tidak perlu ribut-ribut. Karena semuanya sudah diatur dari hukum formal Indonesia saya kira,” tegas Megawati.

Baca juga : Prabowo Dipasok Setan Gundul

Soal rekonsiliasi, isu ini sudah digaungkan para tokoh agama. Kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi pernah merespons positif, bahwa rekonsiliasi akan terwujud setelah pengumuman rekapitulasi hasil Pemilu 2019, disambung rentang waktu gugatan di MK.

Rekonsiliasi bisa terwujud dalam suasana Lebaran. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.