Dark/Light Mode

Usulkan Duet Prabowo-Airlangga

Projo Ngelawan Banteng

Rabu, 21 Juni 2023 07:45 WIB
Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus. (Foto: Antara)
Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Menanggapi hasil Konferda Projo Sulsel ini, Sekretaris Jen­deral PDIP Hasto Kristiyanto tak mempermasalahkannya. “Nggak apa-apa (mendukung Prabowo), sukarelawan yang dukung Baca­pres PDIP Ganjar Pranowo juga cukup banyak,” ujar Hasto di Kantor Dewan Pers, Senin (19/6).

Dia menegaskan, sukarelawan tak memiliki kewenangan yang sama seperti partai politik dalam mencalonkan presiden maupun wakil presiden.

Baca juga : Pengadaan 12 Jet Tempur Upaya Prabowo Jaga Perekonomian Indonesia

Terpisah, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, hasil Konferda Projo Sulsel, menandakan rela­wan Jokowi ini tidak satu barisan dalam gerbong pendukung Gan­jar Pranowo. Sekaligus, Projo menjadi semacam alatnya Jokowi untuk meng-endorse calon lain, dalam hal ini Prabowo.

“Ini semakin menguatkan, Presiden Jokowi bukan hanya mendukung Ganjar. Karena bila hanya mendukung Ganjar, dia baru sekadar menjalankan peran sebagai petugas partai,” kata Agung kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Lagi Blusukan, Prabowo Ogah Bicara Politik

Sebab, kata Agung, bagaimanapun efek dari kinerja yang positif sebagai kepala pemerin­tahan dan kepala negara, Jokowi menjadi king maker dalam Pilpres 2024. Sehingga, lanjutnya, tarik menarik antara peran sebagai petu­gas partai dan king maker inilah yang akhirnya kini bisa dibaca dan kemudian menjadi langgam Presiden Jokowi untuk memastikan keberlanjutan legacy-nya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.