BREAKING NEWS
 

Dibutuhkan Stabilitas Politik Demi Kedamaian Pemilu 2024

Senin, 11 Desember 2023 06:29 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

 Sebelumnya 
Dari itu terciptalah stabilitas politik. Maka stabilitas politik yang merupakan unsur kunci dalam pembangunan dan keberlanjutan sebuah negara pun teraktulisasikan. Karuan saja pada tingkat dasar, stabilitas politik menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan ekonomi, investasi, dan perkembangan sosial. Faktor-faktor seperti keamanan, pene­gakan hukum, dan konsistensi kebijakan memiliki dampak langsung terhadap stabilitas politik suatu negara.

Bersamaan pula stabilitas memiliki peran krusial dalam menjaga kedamaian selama periode pemilu. Pertama-tama, stabilitas politik menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan pemilu yang adil dan transparan. Ketika suatu negara memiliki stabilitas politik yang tinggi, pihak yang terlibat dalam proses pemilu dapat bekerja tanpa ada­nya ancaman atau gangguan yang dapat mengacaukan kelancaran proses demokratis.

Baca juga : Kampanye Damai Memilih Pemimpin Beretika

Keamanan ini membantu memastikan partisipasi aktif dari masyarakat dalam pemilihan, meningkatkan kepercayaan terhadap sistem politik, dan mengurangi potensi konflik. Selain itu, stabilitas hukum dan keamanan juga penting dalam menjaga kedamaian pemilu. Sistem hukum yang kuat dan diterapkan secara konsisten, dapat mengatasi potensi pelanggaran hukum selama proses pemilu, memastikan perlakuan yang adil, dan menjaga integritas pemilihan.

Kemudian tercipta pula sta­bilitas dalam relasi antar-kelompok masyarakat, yang mana hal ini memiliki dampak positif terhadap kedamaian pemilu. Ketika berbagai kelompok masyarakat dapat hidup berdampingan ­dengan damai, dan menghormati perbedaan satu sama lain, maka risiko konflik dan ketegangan selama pemilu dapat diminimalkan.

Baca juga : Mewaspadai Cyber Peretas Mengganggu Pemilu 2024

Dalam membangun pemahaman bersama dan mengurangi potensi ketegangan yang dapat muncul selama proses pemilu, maka stabilitas dalam berbagai aspek kehidupan memiliki dampak signifikan terhadap keberhasilan dan kedamaian pemilu. Oleh karenanya stabilitas memainkan peran yang sangat penting dalam mencapai kedamaian selama pemilu. Stabilitas politik, ekonomi, hukum, keamanan, dan relasi antar-kelompok masyarakat saling terkait dan saling memperkuat untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan pemilihan yang demokratis.

Faktor-faktor tersebut berjalan sejalan, maka peluang terjadinya konflik atau gangguan selama pemilu dapat diminimalkan, sehingga memastikan partisipasi yang luas, integritas pemilihan, dan hasil yang diterima secara luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, upaya untuk memperkuat stabilitas dalam berba­gai aspek kehidupan negara merupakan langkah kunci dalam mendukung kedamaian dan keberhasilan proses pemilu yang demokratis.

Baca juga : Pemilu 2024 Dalam Perspektif Geopolitik Indonesia

Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS, adalah ­mantan Gubernur ­Lemhannas RI dan mantan Direktur ­Jenderal Sosial Politik ­Depdagri RI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense