Dark/Light Mode

Jelang Puasa, Harga Dan Stok Bapok Aman

Urusan Pangan Jangan Ganggu Ibadah Rakyat

Selasa, 27 Februari 2024 07:00 WIB
Menteri Perdagangan Mendag Zulkifli Hasan kanan membeli ayam saat meninjau Pasar Klender di Jakarta, Senin 26/2/2023. Peninjauan tersebut guna memantau harga dan ketersedian kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.
Menteri Perdagangan Mendag Zulkifli Hasan kanan membeli ayam saat meninjau Pasar Klender di Jakarta, Senin 26/2/2023. Peninjauan tersebut guna memantau harga dan ketersedian kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.

 Sebelumnya 
Karena itu, pihaknya akan melakukan rapat bersama Presi­den Jokowi untuk membahas kondisi pangan menjelang Ra­madan dan Idul Fitri.

“Harga kalau mau Lebaran bi­asanya ada kenaikan. Tapi sekali lagi, itu berhubungan dengan permintaan yang melonjak,” kata Zulhas.

Presiden Jokowi melaku­kan rapat paripurna dengan Kabinet Indonesia Maju, Senin (26/2/2024). Dalam arahannya, Jokowi mewanti-wanti persiapan Pemerintah jelang bulan puasa Lebaran.

Baca juga : Pulau Seribu Dipoles Dong

Dia meminta Pemerintah bisa membuat masyarakat beriba­dah dengan tenang di bulan Ramadan

Agar masyarakat tenang, Jokowi meminta jajarannya menjaga persediaan stok dan stabilisasi harga kebutuhan pokok. Pasalnya, sejak awal tahun kenaikan harga kebutuhan pokok menjadi masalah.

Dia juga mengingatkan agar bantuan dan perlindungan sosial tetap dibagikan ke masyarakat.

Baca juga : Piala Liga, Si Merah Perpanjang Rekor Juara

Sementara, saat rapat koordina­si pengendalian inflasi, Direktur Impor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Arif Sulistyo me­nyatakan, Pemerintah berencana menambah kuota impor tahun 2024 sebesar 1,6 juta ton.

Tambahan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi terbatas (rakortas) di Kementerian Koor­dinator Bidang Perekonomian dengan sejumlah kementerian terkait. Jumlah itu menjadi tam­bahan baru kuota impor tahun 2024. Sebelumnya, kuota impor yang ditentukan pemerintah sebesar 2 juta ton.

Namun, Arif menyebut tambahan kuota impor ini masih dalam proses perubahan dalam rakortas. Jadi, Kemendag sebagai instansi yang akan mengeluarkan Persetu­juan Impor (PI), belum mengeluar­kan persetujuan tersebut. DIR

Baca juga : Laga Basket NBA, Pacers Hentikan Mavericks

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Selasa, 27 Februari 2024 dengan judul "Jelang Puasa, Harga Dan Stok Bapok Aman, Urusan Pangan Jangan Ganggu Ibadah Rakyat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.