Dark/Light Mode

Anggaran Pupuk Subsidi Ditambah Rp 28 T, Irma Suryani: Bravo Pak Mentan Amran

Minggu, 31 Maret 2024 11:10 WIB
Pemerhati pertanian Irma Suryani Chaniago (Foto: Istimewa)
Pemerhati pertanian Irma Suryani Chaniago (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerhati pertanian Irma Suryani Chaniago mengapresiasi perjuangan Menteri Pertanian Amran Sulaiman menambah anggaran untuk pupuk subsidi sebesar Rp 28 triliun.

"Hal ini merupakan terobosan yang bagus, karena memang selama ini nilai subsidi pupuk untuk petani masih sangat minim," ucap Irma, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (31/3).

Baca juga : Laporkan Indikasi Korupsi Rp 2,5 T di LPEI ke Kejagung, Sri Mulyani Beri Pesan Begini

Irma lalu mengingatkan agar keberhasilan ini dibarengi dengan kontrol yang ketat terhadap “permainan” mafia pupuk subsidi di daerah. Untuk itu, tata kelola terhadap distributor yang memainkan harga pupuk subsidi dan yang nakal-nakal perlu menjadi perhatian.

"Kejadian ditangkapnya beberapa kontainer pupuk subsidi dari Sumatera Selatan di Sumatera Utara adalah contoh buruknya tatakelola dan kontrol dalam memberikan izin terhadap distributor pupuk subsidi," ucapnya.

Baca juga : Petani Bisa Fokus Produksi

Irma melanjutkan, secara pribadi dirinya mengenal Amran. "Beliau orang yang tegas, pekerja keras, dan berintegritas. Saya yakin ke depan, insya Allah pertanian di bawah komando beliau akan semakin baik," sanjungnya.

Untuk bisa swasembada pangan, lanjut Irma, yang perlu diperhatikan selain subsidi pupuk organik adalah ketersediaan irigasi yang memadai dan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang modern. Karena pembuatan sawah baru tidak bisa instant dapat menghasilkan.

Baca juga : Bendungan Lolak, Bukti Komitmen Indra Karya dalam Penguatan Sumber Daya Air

"PH tanah, pupuk, SDM, alsintan yang memadai serta irigasi (ketersediaan air) yang cukup sangat menentukan berhasil tidaknya pembuatan sawah baru tersebut," terang Irma.

"Angin segar untuk petani dengan adanya tambahan anggaran pupuk subsidi ini perlu diapresiasi. Bravo Pak Mentang Amran!," tutup Irma.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.