Dark/Light Mode

PM Polandia Sentil Sikap Politik Macron

Telepon Putin Berjam-jamTapi Nggak Ada Hasilnya...

Jumat, 8 April 2022 08:17 WIB
PM Polandia Mateusz Morawiecki dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto Ludovic Marin/AFP)
PM Polandia Mateusz Morawiecki dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto Ludovic Marin/AFP)

 Sebelumnya 
“Saya siap bertanggung jawab atas tindakan saya yang menghubungi Putin, atas nama Prancis. Ini semua untuk menghindari perang yang lebih besar dan menciptakan perdamaian ke depannya,” ujar Macron kepada stasiun teve Lokal TF1.

Macron menyebut kegiatan menghubungi Putin sudah dilakukan sejak awal dirinya menjabat sebagai Presiden Prancis. “Saya tidak pernah ingin terlibat perselisihan. Tidak seperti orang lain. Kami hanya ingin damai,” tegas Macron.

Baca juga : Kinerja Kejagung Diapresiasi, Tapi Masih Harus Digenjot

Sejak awal Februari, Macron berusaha menengahi konflik yang berujung perang antara Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pemimpin Prancis itu melakukan perjalanan ke Moskow dan Kiev. Ia juga berbicara dengan Putin sebanyak 16 kali sejak awal tahun dalam percakapan telepon.

Pejabat Elysee, Istana Kepresiden Prancis, mengatakan, langkah itu bersifat konfrontatif, tetapi menawarkan kesempatan agar saluran komunikasi tetap terbuka dan mengukur keadaan pikiran Putin.

Baca juga : Singapura Tetep Eksekusi Mati Terpidana Narkoba...

Polandia dalam banyak kesempatan menyerukan sanksi yang lebih keras terhadap Rusia dan memasok lebih banyak senjata ke Ukraina. Morawiecki juga menyerukan Mahkamah Internasional untuk menyelidiki pembunuhan warga sipil di Ukraina.

Dukung AS
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.