Dark/Light Mode

Transaura, Alat Penerjemah Bahasa Isyarat Karya Mahasiswa UI

Minggu, 6 Februari 2022 22:42 WIB
Ilustrasi prototipe Transaura, penerjemah bahasa isyarat yang diciptakan mahasiswa Universitas Indonesia. (Foto Humas UI)
Ilustrasi prototipe Transaura, penerjemah bahasa isyarat yang diciptakan mahasiswa Universitas Indonesia. (Foto Humas UI)

 Sebelumnya 
Salah satu anggota tim, Almaz memaparkan dalam sistem yang dikembangkan ada dua layar di depan dan belakang sehingga memungkinkan dilakukannya komunikasi dua arah. Layar pertama akan menjadi tempat penerjemah bahasa isyarat menggunakan deteksi objek dengan bantuan TensorFlow.

"Layar kedua akan mengeluarkan teks yang terletak pada sisi belakang alat tersebut. Komponen utama yang menjadi otak dari Transaura adalah microprocessor Raspberry Pi," ujar Almaz menjelaskan terkait komponen Transaura.

Baca juga : IndiHome Permudah Masyarakat Berlangganan

Almaz mengatakan, TensorFlow adalah library open source untuk komputasi numerik dan machine learning skala besar. TensorFlow dapat melatih dan menjalankan jaringan saraf dalam untuk klasifikasi digit tulisan tangan, dan pengenalan gambar.

Selain itu, TensorFlow juga dapat dilatih untuk penyematan kata, jaringan saraf berulang, model urutan-ke-urutan untuk terjemahan mesin, pemrosesan bahasa alami, dan simulasi berbasis PDE (partial differential equation).

Baca juga : Pastikan Aman Dan Efektif, Pemerintah Ajak Masyarakat Vaksinasi Booster

Menariknya, TensorFlow mendukung prediksi produksi dalam skala besar dengan model yang sama yang dapat digunakan untuk pelatihan.

Ketua tim Transaura, Aine menambahkan, Transaura dibuat untuk dapat digunakan di area perkantoran, supermarket dan sarana transportasi.

Baca juga : Transparan, Timsel Komisioner KPU & Bawaslu Diapresiasi

"Dengan Transaura, diharapkan dapat tercipta kesetaraan bagi penyandang disabilitas pada berbagai lapangan kerja, sesuai dengan namanya Transaura (translating aura). Kesempatan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas menjadi titik tumpu dari penelitian ini," katanya.

Aine dan tim berhasil meraih juara ketiga tingkat nasional pada kompetisi hibah untuk penelitian nasional, Tanoto Student Research Awards 2021, di bidang appropriate technology. Tim UI tersebut melakukan penelitian dan menjalani seleksi bertahap mulai dari tingkat universitas sampai tingkat nasional pada Juni 2021 hingga Januari 2022. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.