Dark/Light Mode

Pekerjaan Masa Depan

Selasa, 10 Januari 2023 18:20 WIB
Ilustrasi dari pekerjaan masa depan yang berdampak pada bumi (https://images.app.goo.gl/uYTDi4Wx7yZSig9HA)
Ilustrasi dari pekerjaan masa depan yang berdampak pada bumi (https://images.app.goo.gl/uYTDi4Wx7yZSig9HA)

Pekerjaan masa depan selalu membuat saya takut, karena saya baru berusia 20 tahun dan tidak pernah benar-benar memikirkannya. Namun, ada saatnya, saya merasa tahu persis apa yang saya inginkan. 

Saya selalu senang belajar bahasa baru. Kata-kata bahasa seperti "bahasa ibu", "bahasa gaul", "ocehan bayi", dan hal-hal lain yang selalu membuat saya bersemangat, menurut saya, adalah hubungan cinta dan benci. 

Saya suka, ketika saya mengerti apa yang mereka katakan, dan membencinya ketika saya tidak bisa mengatakannya dengan benar. Itu adalah hubungan cinta-benci yang sederhana namun indah. 

Saat saya sedang mencari pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan, di situlah saya menemukan pekerjaan untuk menjadi penerjemah, yang menarik minat saya. 

Kemudian saya menemukan bahwa ada banyak keuntungan bekerja sebagai penerjemah. Juga fakta bahwa itu adalah pekerjaan yang sangat menarik, Hingga muncul pertanyaan di benak saya, apa dampak pekerjaan saya di masa depan terhadap sumber daya dan dunia? Karena tidak ada yang abadi, dan suatu saat sumber daya alam akan habis.

Baca juga : Super Waspada Di Tahun Baru

Manfaat yang sangat menarik minat saya adalah kemampuan untuk bekerja sesuai jadwal saya sendiri dan di tempat saya sendiri. Secara pribadi, saya lebih suka bekerja secara mandiri. Sebaiknya dari rumah, agar dekat dengan keluarga kecil saya. 

Jadwal kerja mandiri membantu saya berkembang menjadi profesional kuat, yang tidak bergantung pada rekan kerja atau keinginan pasar kerja. Manfaat ini berdampak positif pada sumber daya dan dunia seperti yang akan saya jelaskan di paragraf berikut,

Salah satu tantangan iklim terberat yang kita hadapi adalah pengurangan emisi dari sektor transportasi. Menurut Greenpeace (2021), penggunaan bahan bakar fosil menghasilkan gas rumah kaca yang menghangatkan bumi. 

Pembakaran bahan bakar fosil memancarkan polutan udara seperti jelaga (materi partikel halus, atau PM2.5) dan kabut asap (ozon). Pekerjaan jarak jauh, terutama bekerja dari rumah, bisa menjadi solusi jangka pendek saat kita bertransisi ke nol emisi.

Limbah adalah salah satu masalah lingkungan paling serius di dunia. Menurut Laporan Bank Dunia (seperti dikutip dalam SREIndonesia, 2022), dunia menghasilkan 2,01 miliar ton sampah kota per tahun.

Baca juga : Haaland Bisa Cetak 800 Gol

Angka tersebut diperkirakan akan meningkat sekitar 70 persen menjadi 3,4 miliar metrik ton pada tahun 2050. Populasi global saat ini berjumlah 7,9 miliar orang dan terus meningkat. 

Bekerja dari rumah, juga akan membantu mengurangi banyaknya limbah industri, karena kita bisa menciptakan ruang kerja yang ramah lingkungan. Seperti menggunakan alat makan sendiri, untuk membantu mengurangi sampah plastik, yang biasanya digunakan untuk membeli kopi di kantor atau mengambil makanan.

Bekerja dari rumah, menghilangkan kebutuhan terhadap panas atau penerangan kantor. Seperti kita ketahui bersama, kebutuhan terhadap penghangat atau penerangan di kantor, jauh lebih besar ketimbang di rumah, karena kita dapat mengatur dan menghemat pemakaian sesuai kebutuhan. 

Menurut pengamatan saya, panas saat ini sangat tinggi. Sehingga, di masa depan, semua orang akan menggunakan panel surya. Alhasil, keduanya bisa menghemat energi.

Kesimpulannya, pekerjaan masa depan saya sebagai penerjemah sangat bermanfaat bagi saya, keluarga kecil saya, dan dunia tempat saya tinggal. Karena ikut membantu  menurunkan emisi, menurunkan limbah industri, dan menghilangkan panas atau penerangan kantor.

Baca juga : Awal Pekan Rupiah Tak Bertenaga

 

 

Artikel Pendukung:

Tim, D. (2021, November 22). 8 reasons why we need to phase out the fossil fuel industry. Diakses pada 27 Desember 2022, dari https://www.greenpeace.org/usa/research/8-reasons-why-we-need-to-phase-out-the-fossil-fuel-industry/

Waste. (2022, November 30). Diakses pada 27 Desember 2022, dari https://www.instagram.com/p/CllPfAoy_NN/?utm_source=ig_web_copy_link

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.