Dark/Light Mode

Pasien Diabetes Wajib Tahu, Cara Penggunaan Insulin dan Konsumsi Obat Yang Tepat Saat Puasa

Selasa, 11 April 2023 11:14 WIB
Ilustrasi suntik insulin (Foto: Getty Images)
Ilustrasi suntik insulin (Foto: Getty Images)

 Sebelumnya 
Insulin Saat Puasa

Diabetesi yang harus rutin suntik insulin, jangan kecil hati. Anda mungkin masih dapat menjalankan puasa, jika dokter mengizinkan.

"Terutama, jika diabetes Anda masih dapat terkontrol dengan baik, dan tidak memiliki gejala lainnya yang dapat membahayakan kesehatan," jelas dr. Jimmy.

Berikut 3 hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai penggunaan insulin dan konsumsi obat, jika Anda memutuskan tetap menjalankan ibadah puasa:

1. Monitoring kadar gula

Baca juga : Panggil Lagi Dito Mahendra Kamis Pekan Ini, KPK Ingatkan Bisa Lakukan Upaya Paksa

Monitoring kadar gula dalam darah penting dilakukan pada saat berpuasa. Karena, tidak makan dan minum seharian, dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Bisa saja menyebabkan kadar gula melonjak tinggi dibanding biasanya (hiperglikemia), atau kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemia).

"Karena itu, penting bagi Anda untuk memonitor kadar gula darah, secara rutin setia hari. Terutama, di masa awal-awal berpuasa," papar dr. Jimmy.

Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan sebelum sahur, pagi hari, tengah hari, menjelang sore, sebelum berbuka puasa, dua jam setelah berbuka puasa, dan kapan saja jika Anda mengalami gejala hipoglikemia (misalnya, keringat dingin, lemas, menggigil, berdebar, gemetar).

"Apabila mengalami hipoglikemia, segera hentikan puasa untuk sementara, hingga kadar gula normal kembali," tutur dr. Jimmy.

Baca juga : Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Pola Makan Seimbang & Batasi Gula

"Bila gula darah Anda rata-rata lebih dari 250 mg/dL, sebaiknya diskusikan kembali dengan dokter, apakah puasa dapat dilanjutkan atau tidak," imbuhnya.

2. Penggunaan insulin

Penggunaan insulin, sebaiknya tetap dilakukan setiap hari, sesuai rekomendasi dokter.

Jenis insulin beragam, mulai dari jangka pendek hingga panjang. Karena itu, sebelum menentukan penggunaan insulin saat berpuasa, sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter.

"Frekuensi penggunaan dan dosis insulin memerlukan penyesuaian selama puasa. Mungkin, akan berbeda dengan sebelum berpuasa. Jangan segan untuk mendiskusikan soal ini dengan dokter, agar puasa Anda lancar," ucap dr. Jimmy.

Baca juga : Kasus Pamer Harta Jangan Bikin Setoran Pajak Anjlok

3. Konsumsi obat

Meski berpuasa, konsumsi obat mungkin tetap harus dilakukan.

Ingatlah, saat berpuasa, mungkin ada perbedaan cara penggunaan obat. Termasuk waktu makan obat, dosis obat, dan frekuensi penggunaan.

Sampaikan dan diskusikan hal ini dengan dokter, sebelum berpuasa. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.