Dark/Light Mode

Mas Dhedhy: Mahasiswa Perlu Belajar Konstitusi Sejak Dini

Jumat, 16 Juni 2023 12:45 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktivis muda, Purnama Dhedhy Styawan meminta para mahasiswa belajar memahami konstitusi sejak dini.

Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI 2024 Dapil Jawa Tengah V tersebut menilai pemahaman utuh tentang konstitusi akan memudahkan mahasiswa untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Konstitusi itu bertujuan memberikan pembatasan sekaligus pengawasan terhadap kekuasaan politik; memahami konstitusi negara artinya mengetahui hak dan kewajiban kita sebagai warga negara, termasuk bagaimana hak dan kewajiban para pejabat negara,” ujar Purnama Dhedhy Styawan.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam acara Studi Legislative yang bertajuk “id perfectum est quad ex omnibus suis partibus constant”, di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta, Jumat (16/6).

Baca juga : Erick Ke Jerman Buat Belajar Kurikulum Sepakbola Usia Dini

Selain Dhedhy, acara yang diinisiasi oleh Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta ini juga dihadiri oleh Muhammad Milkhan (Bawaslu Klaten) dan Abdul Hamid (Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah).

Pria yang akrab disapa Mas Dhedhy ini menjelaskan kedudukan konstitusi dalam sebuah negara sangat penting karena menyangkut bentuk dan tata penyelenggaraannya. Dengan konstitusi pula diketahui tujuan dan cita-cita berdirinya suatu negara.

“Termasuk dalam konstitusi diatur apa saja yang menjadi hak dan kewajiban warga maupun aparatur negara,” katanya.

Mas Dhedhy mengatakan, para mahasiswa bisa belajar memahami konstitusi ini dengan aktif bergabung dengan organisasi intra maupun ekstra kampus.

Baca juga : Kendaraan Belum Uji Emisi Bakal Ditilang

Di organisasi ekstra kampus misalnya ada organisasi yang disusun mirip dengan peran lembaga eksekutif melalui badan eksekutif mahasiswa atau lembaga legislatif melalui dewan perwakilan mahasiswa.

“Sebagai miniatur negara, kampus pun sama dengan hadirnya organisasi intra kampus yang bisa menjadi tempat belajar dan mengasah diri,” ungkapnya.

Para mahasiswa, kata Mas Dhedy juga bisa belajar memahami konstitusi melalui kajian terhadap isu-isu kekinian termasuk berbagai mengkaji berbagai kebijakan pemerintah.

Menurutnya mahasiswa bisa menilai apakah kebijakan pemerintah mempunyai dampak besar bagi kemaslahatan rakyat atau perlu dikritisi.

Baca juga : Ahmad Nuradi Terpilih Jadi Koordinator Pusat BEM SI Kerakyatan

“Dengan demikian mahasiswa menjalani perannya sebagai subjek perubahan,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.