Dark/Light Mode

Sumur Resapan Bijak Berplastik Bisa Atasi Banjir Sekaligus Kurangi Limbah Plastik

Minggu, 25 Oktober 2020 07:03 WIB
Pembuatan sumur resapan (Foto: Istimewa)
Pembuatan sumur resapan (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Rektor IPB Prof Arif Satria mengatakan, sumur resapan Bijak Berplastik merupakan produk inovatif yang perlu diketahui semua pihak. Bentuk-bentuk kolaborasi lintas sektor untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang bisa menyelesaikan dua masalah sekaligus, yaitu sampah kemasan plastik non-ekonomis dan juga mengurangi banjir ini perlu terus didorong. 

"Pemerintah, baik pusat maupun daerah, perlu mengetahui dan mengaplikasikan secara luas di kawasan pemukiman masyarakat maupun di daerah hulu sungai. Diharapkan, inovasi ini dapat mengurangi risiko banjir yang selama ini selalu menjadi ancaman di saat musim hujan tiba,” ujar Arif Satria.

Baca juga : Kini Perempuan Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Komisaris PT Oriplast Jaya Perkasa Bhima Aries Diyanto berharap respons positif, terutama dari pemerintah terhadap sumur resapan Bijak Berplastik. Sebab, model kerja sama banyak pihak adalah langkah efektif mengatasi tantangan dan peluang pengelolaan plastik non-ekonomis. 

“Upaya-upaya pengendalian pengendalian sampah plastik non-ekonomis dan sekaligus konservasi air selama ini menjadi tantangan banyak pihak, baik pemerintah maupun dari kalangan industri. Melalui kolaborasi bersama Danone-AQUA dan IPB ini, kita dapat menemukan solusi inovatif bersama,” ujar Bhima Aries Diyanto.

Baca juga : Kasian, Rakyat Mulai Kurangi Porsi Makan

Peluncuran Sumur Resapan Bijak Berplastik sistem knock down dilakukan secara virtual pada Kamis (22/10). Di acara itu dilakukan secara simbolis penyerahan miniatur Sumur Resapan Bijak Berplastik oleh Rektor IPB dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada para perwakilan Pemprov Jawa Barat, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Bogor, dan Pemkot Bogor. Melalui peresmian ini, diharapkan sumur resapan Bijak Berplastik dapat direplikasi dan diaplikasikan di daerah-daerah dan kota-kota besar sebagai salah satu solusi banjir sekaligus membersihkan sungai dari sampah plastik khususnya non ekonomis.

Untuk selanjutnya, sebanyak 39 sumur resapan Bijak Berplastik juga akan dikirimkan dan dipasang di Istana Bogor (5 buah), Istana Cipanas (5 buah), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (10 buah), Pemprov DKI Jakarta (5 buah), Pemprov Jawa Barat (5 buah), Pemerintah Kabupaten Bogor (3 buah), Pemerintah Kota Bogor (3 buah), dan Institut Pertanian Bogor (3 buah) sebagai bentuk sosialisasi penggunaan sumur resapan Bijak Berplastik. Selain itu, Danone-AQUA juga berkomitmen untuk menggunakan sumur resapan Bijak Berplastik pada 26 pabrik Danone Indonesia mulai tahun 2021 yang berpotensi mengurangi ratusan ton sampah kemasan plastik non ekonomis dari lingkungan. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.