Dark/Light Mode

Kalau Juarai Pemilu 2024

KPP Mau Fokus Benahi Ini...

Sabtu, 27 Mei 2023 07:50 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) di kontestasi Pilpres 2024 yang digawangi Partai NasDem, Partai KeadilanSejahtera (PKS) dan Partai Demokrat ingin fokus membenahi ekonomi, hukum, dan demokrasi.

“Tiga agenda perubahan dan perbaikan tadi bisa menjadi bahan manifesto serta materi untuk mengampanyekan perubahan dan perbaikan di kalangan rakyat,” ujar Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melalui keterangan tertulis kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Putra sulung Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini merinci, ekonomi dan kesejahteraanmasyarakat harus terus didongkrak. Terutama, sektor usaha menengahkecil dan mikro (UMKM), sebagai tulang punggungekonomi nasional.

Baca juga : Panpel Pemilu Harus Tega

Dirincikannya lagi, harga-harga bahan pokok terus naik, mahal, sulit dijangkau, pupuk langka juga mahal, penghasilan tidak membaik, daya beli turun, menjadi keluhan yang kerap disampaikan masyarakat kepada dirinya setiap turun ke lapangan.

Selanjutnya, penegakan hu­kum yang adil dan tidak tebang pilih. Menurutnya, banyak yang merasakan praktik penegakan hukum seolah tajam ke bawah tumpul ke atas, tajam ke lawan tumpul ke kawan.

“Kita tahu mengamankan kawan politik dari proses hukum adalah obstruction of justice atau menghalangi penegakan hukum. Sedangkan menggunakan instru­men hukum untuk menghabisi lawan politik, namanya abuse of power. Penyalahgunaan kekua­saan keduanya tidak sepatut­nya terjadi di negeri tercinta Indonesia ini,” tegasnya.

Baca juga : Relawan LGP: Parpol Peserta Pemilu 2024 Diperkirakan Dukung Ganjar

Selain itu, AHY juga menilai, kualitas demokrasi bangsa ini tengah mengalami kemunduran. Yang berani bersuara, seolah-olah dianggap sebagai musuh negara. Termasuk, menjamin kebebasan berekspresi untuk rakyat.

“Bukankah negeri ini milik kita semuanya? Jangan sampai ada masyarakat yang merasa terbungkam, takut bersuara di negerinya sendiri,” sebutnya.

Suami Anisa Pohan ini juga menyoroti tentang calon pemilih muda di Pemilu 2024. Konon, jumlahnya sangat besar sehingga suaranya menjadi penentu ke­menangan di pesta demokrasi mendatang. KPP, dijamin beru­paya memperjuangkan kepentingan kaum muda.

Baca juga : PDIP Tak Anggap PSI

Menurutnya, generasi muda saat ini sedang menghadapi tan­tangan serius seperti kesulitan mencari pekerjaan hingga anca­man pemutusan hubungan kerja (PHK) di semua sektor lapangan kerja. “Partai Demokrat berkomit­men untuk menyediakan peker­jaan yang layak bagi anak-anak muda yang menjadi bagian dari bonus demografi ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, pernyataan ini juga disampaikan AHY me­lalui Twitter Space, kemarin. Dia menjadi ketum parpol pertama yang tampil di Twitter Space. Tercatat, lebih dari 1.000 netizen mendengarkan dengan seksama penjelasan AHY ihwal program perbaikan dan perubahan.

Media sosial, digunakan se­cara maksimal oleh AHY untuk menyapa skuadnya sekaligus masyrakat umum mengenai berbagai program yang diperjuangkan partai bersama koalisi. Melalui media sosial, AHY juga mendapatkan masukan langsung dari masyarakat di daerah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.