Dark/Light Mode

Bentuk Desa Anti Politik Uang Jelang Pemilu 2024

Bawaslu Purworejo Awasi Serangan Money Politics

Rabu, 8 September 2021 07:00 WIB
Desa Bajangrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo menjadi Desa Anti Politik Uang. (Foto: Dok. Bawaslu Purworejo)
Desa Bajangrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo menjadi Desa Anti Politik Uang. (Foto: Dok. Bawaslu Purworejo)

 Sebelumnya 
Dikatakan, kegiatan pengawasan ini tersebar di 16 kecamatan dan seluruh kelurahan/desa di Purworejo. Sementara dari 11.487 pengawasan itu, jajaran pengawas pemilu gencar melakukan pencegahan agar ti­dak terjadi pelanggaran. “Jumlah pencegahan ini mencapai 943 kali,” ujarnya.

Terkait hal ini, Kepala Unit Pengelola Barang Dugaan Pelanggaran (BDP) Bawaslu Purworejo, Didik Budi Prasetyo mengatakan, pihaknya total telah mengumpulkan 86 BDP yang tidak diketahui nama pemiliknya. Barang itu merupakan hasil pengawasan pelanggaran pada tahapan Pilgub Tahun 2018, Pilpres Tahun 2019, dan Pilkada 2020.

Baca juga : Bawaslu NTT: Partisipasi PSU Sabu Raijua Melorot

Pengelolaan BDP ini, sebut Didik, diatur sesuai Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2018.

Terkait nasib BDP, lanjut Didik, bagi masyarakat yang merasa memiliki barang tersebut, dipersilakan mengambilnya di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Purworejo. Bawaslu Purworejo beralamat di Jalan Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo Nomor 14 Kelurahan Sindurjan Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo.

Baca juga : Berat, Mau Hasil Pancingan Banyak, Kolam Kudu Besar

Menurutnya, jika ada masyarakat yang merasa memiliki barang itu, dapat mengambil dengan menunjukan kartu identitas dan bukti-bukti kepemilikan barang itu.

“Pengambilan barang bukti tersebut paling lama tujuh hari sejak pengumuman disampaikan,” pungkasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.