Dark/Light Mode

Gandeng IIAC Di Korsel

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bakal Jadi Percontohan Penerapan Koridor Sehat

Jumat, 11 September 2020 06:53 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dengan Presiden dan CEO IIAC Bon-Hwan Koo menandatangani kerja sama secara virtual dari masing-masing kantor (Jakarta dan Incheon), Kamis (10/9/2020).
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dengan Presiden dan CEO IIAC Bon-Hwan Koo menandatangani kerja sama secara virtual dari masing-masing kantor (Jakarta dan Incheon), Kamis (10/9/2020).

 Sebelumnya 
President & CEO IIAC Bon-Hwan Koo mengungkapkan, pihaknya mengambil langkah antisipatif dengan mengajukan konsep Covid-19 Free Airport, mengoperasikan Pusat Respon Kedaruratan, dan melakukan disinfeksi seluruh fasilitas.

"Kami juga menginisiasi program Safe Corridor Initiative atau Inisiatif Koridor Sehat dengan mengombinasikan pengalaman kami dan pedoman internasional terkait penanganan pandemi di mana kami ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman kami ke pengelola bandara lainnya," kata Bon-Hwan Koo.

Melihat Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia. Sebelum pandemi bandara tersebut paling banyak dikunjungi oleh turis Korea dioperasikan mitra utama kami Angkasa Pura I.

Baca juga : Bersama Keluarga, SBY Rayakan Hari Jadi Pernikahan Di Pusara Ani Yudhoyono

Bandara Bali dipilih sebagai bandara pertama untuk implementasi program SCI.

"Kami harap kerja sama ini dapat berkontribusi terhadap pemulihan trafik penumpang dan memperkuat kemitraan antara Angkasa Pura I dan IIAC," tambah Bon-Hwan Koo.

SCI sendiri merupakan aliansi para pengelola bandara yang diinisiasi IIAC, di mana akan menjaga keandalan operasional bandara melalui penerapan sejumlah kriteria kesehatan dan keamanan.

Baca juga : Bank Mandiri Percepat Penyaluran Kredit PEN UMKM

SCI bertujuan untuk membantu pemulihan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dan membangkitkan kembali industri aviasi dengan menjaga kenyamanan psikologis, dan membangun persepsi positif pengguna jasa bandara mengenai aktivitas transportasi udara.

Selain penerapan Pedoman SCI di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Angkasa Pura I dan IIAC sepakat untuk berdiskusi lebih lanjut untuk melakukan finalisasi prosedur dan operasional yang diperlukan untuk perluasan konsep SCI.

Konsep SCI mencakup pemangku kepentingan lainnya dalam industri pariwisata seperti maskapai penerbangan, resor, penyedia transportasi darat, hotel, dan restoran untuk terlibat dalam jaringan Bandara SCI di Bali.

Baca juga : Bank Bukopin Salurkan Sembako Buat Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Solo

Bali dipilih karena dianggap merepresentasikan destinasi utama pariwisata dunia di mana ekosistem pariwisatanya sudah terbentuk dengan mapan.

Sebagai informasi, sejak Mei 2020, di mana trafik penumpang pesawat mengalami titik terendahnya akibat kebijakan pembatasan sosial berskala besar, trafik penumpang terus mengalami peningkatan.

Pada Mei 2020 trafik penumpang Bandara Bali hanya mencapai 8.829 orang. Kemudian pada Juni 2020, trafik penumpang Bandara Bali meningkat tipis menjadi 19.816 orang. Seiring dengan relaksasi aturan perjalanan udara, peningkatan terjadi pada Juli 2020, dengan trafik penumpang mencapai 77.472 orang dan pada Agustus 2020 mencapai 172.721 orang. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.