Dark/Light Mode

Jajaki Kerja Sama Dengan Amazon Web Services

Dirjen Bina Adwil Kemendagri: Transformasi Digital Layanan Publik Butuh Tahapan

Kamis, 21 April 2022 11:25 WIB
Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA. (Foto: Ist)
Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Transformasi digital juga membutuhkan inovasi, perubahan kebijakan, pengadaan, SDM, dan budaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan peluang yang timbul dari kemunculan teknologi baru.

Baca juga : Stafsus Menkominfo: Transformasi Digital Pendidikan Kunci Penerus Peradaban

Organisasi layanan publik perlu membangun lingkungan TI yang mencakup hingga seluruh bidang inovasi digital, serta memampukan organisasi dalam meningkatkan kualitas layanan dan melakukan inovasi dengan cepat.

Baca juga : Kemendagri Perkuat Pencegahan Korupsi

Bagi organisasi layanan publik, kesuksesan transformasi digital dapat dilihat dari kemampuan mengubah birokrasi yang kaku menjadi organisasi yang dapat beroperasi dengan sigap, efisien, dan efektif dalam menghadirkan layanan publik.

Baca juga : Bamsoet Minta Pimpinan Baru OJK Percepat Transformasi Digital Sektor Keuangan

Perubahan ini dapat dilakukan dengan dukungan lingkungan TI yang dirancang menjadi lebih fleksibel dan inovatif, serta mampu membangun satu sumber data yang terintegrasi guna menunjang pengambilan keputusan strategis yang tepat berdasarkan data. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.