Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal

Jamu Pejabat Turki Di KRI Sultan Iskandar Muda

Sabtu, 12 Juni 2021 08:58 WIB
Dubes Lalu Muhamad  Iqbal  (ketiga  kiri)  menerima  Gubernur  Mersin Ali Ihsan Su yang  tengah  mengisi buku tamu di atas KRI  Sultan Iskandar Muda, Rabu (9/6). (Foto: KBRI Ankara)
Dubes Lalu Muhamad Iqbal (ketiga kiri) menerima Gubernur Mersin Ali Ihsan Su yang tengah mengisi buku tamu di atas KRI Sultan Iskandar Muda, Rabu (9/6). (Foto: KBRI Ankara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal menjamu sejumlah pejabat Turki di atas geladak kapal perang KRI Sultan Iskandar Muda 367 yang sedang berlabuh di Pelabuhan Mersin, Rabu (9/6).

Ini merupakan acara resmi pertama yang KBRI Ankara adakan di atas kapal laut Indonesia selama pandemi. Protokol kesehatan ketat dilakukan demi memastikan keamanan para tamu dan kru kapal.

Sejumlah pejabat Turki yang hadir adalah Gubernur Provinsi Mersin, Ali Ihsan Su, Panglima Armada Mediterania Angkatan Laut Turki, Laksda Fuat Gedik dan Komandan Armada Timur Coast Guard Turki, Kapten Ogus Bavbek.

Baca juga : Silaturahmi Dengan Pengusaha Restoran Indonesia

Dalam keterangan resmi KBRI Ankara, Kamis (10/6), ketiga petinggi disuguhi menu Indonesia dan tari tradisional Indonesia.

Iqbal mengatakan, jamuan tersebut merupakan bentuk diplomasi militer serta diplomasi budaya. “KRI saat ini sedang menjalankan tugas di Satgas Maritim UNIFIL di Lebanon dan akan mengunjungi Pelabuhan Mersin secara rutin untuk perawatan serta logistik,” terangnya.

Komandan KRI Sultan Iskandar Muda 367 dan sekaligus Ketua Satgas Laut, Letkol Laut (P) Abdul Haris menambahkan, saat jamuan juga membahas mengenai postur pertahanan Indonesia dan dinamika keamanan di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga : Manfaatkan Teknologi Digital, Sukseskan Vaksinasi

“Bapak Duta Besar juga banyak menceritakan capaian teknologi Indonesia di bidang industri pertahanan dan menyampaikan kesiapan Indonesia menyuplai beberapa kebutuhan alutsista Angkatan Bersenjata Turki maupun Coast Guard,” ujar Abdul Haris.

KRI Sultan Iskandar Muda adalah kapal perang jenis Korvet kelas Sigma milik TNI AL. Kapal terang tersebut diproduksi tahun 2006 oleh galangan kapal Schelde, Belanda. Dan mulai bergabung dengan jajaran kapal perang armada Timur TNI AL pada 2008.

Sebagai salah satu kapal paling modern yang dimiliki TNI AL saat ini, KRI Sultan Iskandar Muda dilengkapi dengan kemampuan antikapal permukaan, antikapal selam, dan antipesawat udara.

Baca juga : Ingatkan Diaspora Indonesia Amalkan Nilai Pancasila

KRI Sultan Iskandar Muda sudah menjalani tiga kali penugasan di Satgas Maritim TNI/UNIFIL ( Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa Bangsa di Lebanon) yaitu pada 2011, 2014 dan 2021. Pelabuhan Mersin terletak di Turki bagian Selatan.

Dengan proyek perluasan yang sedang dilakukan, Pelabuhan Mersin akan menjadi pelabuhan terbesar di Turki dan menjadi pintu masuk utama untuk produk pertanian, makanan, perikanan, dan petrokimia.

Pelabuhan Mersin juga memiliki fasilitas perawatan serta perbaikan kapal, termasuk kapal militer, salah satu yang terbesar di wilayah Laut Mediterania. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.