Dark/Light Mode

Beberkan Hasil Pertemuan Emergency Committe WHO

Prof Tjandra: Ada 8 Hal Dari Covid-19 Yang Masih Perlu Diperhatikan

Kamis, 2 Februari 2023 17:45 WIB
Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: dok. Pribadi)
Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: dok. Pribadi)

 Sebelumnya 
Dengan berbagai analisa di atas maka Emergency Committe menyatakan bahwa Covid-19 masih dalam situasi public health emergency of international concern (PHEIC).

Di sisi lain, Emergency Committe juga memang beranggapan bahwa pandemi Covid-19 nampaknya dalam situasi transisi dan memerlukan upaya maksimal untuk mengendalikan situasi ini. Juga mencegah potensi konsekuensi negatif yang mungkin timbul.

Baca juga : Agar Karantina Kesehatan Pasca Pandemi Covid-19 Terkendali, Ini 3 Hal Yang Harus Diperhatikan

"Kita di Indonesia tentu juga perlu mengamati kedelapan poin ini agar situasi Covid-19 di negara kita juga benar-benar pada waktunya dapat terkendali dengan baik," ingat tutur Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI ini.

Untuk diketahui, Emergency Committe adalah suatu Komite yang dibentuk oleh WHO untuk menganalisa dan memberi masukan kepada Badan Kesehatan Dunia itu, tentang langkah yang perlu dilakukan untuk penyakit menular yang berpotensi menyebar secara internasional.

Baca juga : 69 Sirup Obat Dicabut Izin Edarnya, Yang Kadung Minum Tolong Diperhatikan

Anggotanya adalah para pakar yang bukan staf WHO. Prof Tjandra sendiri, pernah menjadi anggota Emergency Commite WHO untuk MERS CoV sebelum menjadi Direktur WHO Asia Tenggara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.