Dark/Light Mode

Nasdem: Pancasila Sempurna Dan Abadi Untuk Indonesia

Selasa, 1 Juni 2021 17:39 WIB
Anggota DPR Fraksi Nasdem Subardi dalam diskusi memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, di Papringan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta, Selasa (1/6). (Foto: Ist)
Anggota DPR Fraksi Nasdem Subardi dalam diskusi memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, di Papringan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta, Selasa (1/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Lahir Pancasila tak lepas dari aspek historis. Kala itu, Bung Karno sebagai perumus Pancasila sekaligus orang pertama yang mengenalkan Pancasila, menggali dasar negara dari nilai-nilai keadaban bangsa. Pidatonya saat mengenalkan Pancasila pada sidang BPUPKI 1 Juni 1945, diterima secara aklamasi, meski ada dinamika dalam merevisi teksnya.

"Pancasila lahir dari refleksi ideologis bangsa Indonesia. Pancasila juga mempertegas orisinalitas karakter bangsa Indonesia yang pluralistik tetapi jadi satu-kesatuan," kata Anggota DPR Fraksi Nasdem Subardi dalam diskusi memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 1945, di Papringan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta, Selasa (1/6).

Baca juga : Erick: Amalkan Pancasila dengan Bersatu

Politisi yang juga Ketua DPW Nasdem Yogyakarta itu menilai, tidak ada kesenjangan antara idealitas dan realitas Pancasila. Apa yang terjadi saat ini, seperti ketimpangan pembangunan, ketidak-adilan sosial, penegakan hukum yang tebang pilih, maupun pembangunan SDM yang belum merata, bukan termasuk kesenjangan idealitas dan realitas dalam Pancasila. Tetapi lebih kepada faktor cita-cita yang sedang diperjuangkan.

"Saya tidak sependapat dalam Pancasila terdapat kesenjangan antara idealitas dan realitas. Bila ada kekurangan saat ini, itu karena negara sedang berjuang mencapai cita-citanya. Peran Pancasila sebagai pemandu, dalam hal ini pemerintah yang mengurus negara dan masyarakat yang mengawasinya," urainya.

Baca juga : Harlah Pancasila, Menperin Ajak Pengusaha Perkuat Struktur Industri

Subardi juga mengutarakan betapa Pancasila sangat dihargai oleh bangsa lain. Banyak contoh bangsa yang sesunguhnya serumpun, tetapi hidup dalam cengkraman perang. Artinya, mereka tidak memiliki dasar negara yang mampu menyatukan perbedaan.

"Asas Nasionalisme di sebagian negara Timur Tengah maupun Afrika sampai saat ini masih belum sempurna. Padahal mereka serumpun tetapi kerap dilanda konflik. Kita yang hidup di bumi nusantara patut bersyukur, segala perbedaan suku, ras, dan agama disatukan oleh Pancasila sebagai konsensus bangsa," jelasnya.

Baca juga : Arsjad: Pancasila Itu Penolong, Bukan Membebani Rakyat

Kandungan Pancasila, lanjut Subardi, tidak sekadar sebagai dasar negara. Lebih dari itu, para sesepuh mengajarkan kepada penerusnya bahwa cara menyelesaikan persoalan bangsa bisa melalui musyawarah.

"Pancasila disepakati dari forum musyawarah. Tanpa gesekan, tanpa peperangan. Itulah mengapa sesepuh bangsa mengajarkan kita bahwa segala ajaran kebaikan telah dimuat dalam Pancasila. Kebaikan Agama ada dalam Pancasila. Keluhuran budaya juga ada dalam Pancasila. Pancasila itu sempurna dan abadi untuk Indonesia. Selamat hari lahir Pancasila," tegasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.