Dark/Light Mode

Debat KPU Lancar, TKN : Prabowo Beri Contoh Positif Di Ranah Politik

Rabu, 13 Desember 2023 14:59 WIB
Calon Presiden Prabowo Subianto. (YouTube)
Calon Presiden Prabowo Subianto. (YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto, calon presiden kedua, dinilai berhasil dalam debat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa malam, 12 Desember 2024. Bahkan, Prabowo dinilai bisa memberi contoh positif di ranah politik.

Pada diskusi awal, Prabowo tampil santai. Dalam diskusi tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra ini memang tak segan-segan mengakui kesalahannya dan menghormati pendapat calon presiden lainnya.

Prabowo dinilai patut menjadi teladan bagi generasi muda dalam hal etika.

"Kami sangat puas karena memang beliau menjadi contoh dan teladan bagi kita semua. Dimana beliau fokus kepada persoalan-persoalan dan kekuatan Beliau tanpa menurunkan derajat siapa pun dan memberikan kesempatan yang baik bagi kandidat lain menjawab," kata Wakil Komandan TKN Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati.

Baca juga : Debat Capres Sesi Pertama, Prabowo Jawab Serangan Anies: Kita Jangan Munafik!

Perempuan yang akrab disapa Sarah ini mengatakan, Prabowo Subianto merupakan pakar di bidang hukum, hak asasi manusia, dan pemerintahan.

Hasilnya, Prabowo mengajukan beberapa usulan spesifik mengenai penyempurnaan dan penyempurnaan undang-undang, penerapan pemerintahan yang bersih, pemberantasan korupsi, dan penyediaan layanan publik—yang semuanya telah ditangani oleh pemerintahan sebelumnya.

Sarah melanjutkan, Prabowo Subianto telah memberikan pelajaran berharga kepada generasi muda, yaitu bahwa persatuan nasional diperlukan untuk berhasil memerintah negara kita.

"Pesan utama tadi sudah tersampaikan yaitu kita harus menjaga persatuan Indonesia. Anak-anak muda sekarang ini enggak mau debat yang hanya gimmick, yang hanya saling menyerang. Tapi, kita perlu debat yang memberikan peluang dan waktu untuk para kandidat mendalami gagasannya masing-masing," kata Sarah.

Terlihat Lebih Jujur

Baca juga : Duluan Salami Megawati, Jubir TKN: Prabowo-Gibran Buktikan Kesantunan Politik

Komisi Pemilihan Umum telah menyelesaikan debat capres pertama tahun 2024 (KPU).

Ketiga calon presiden tersebut telah membahas legislasi, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. Mereka bergabung dengan calon wakil presiden dari masing-masing partai.

Penilaian berbeda kini mengemuka dari setiap oknum pendukung calon presiden dan wakil presiden.

Di antara mereka adalah Prabowo Subianto, calon presiden kedua, yang dipuji teknik debatnya oleh Anis Matta, Ketua Umum Partai Gelora Indonesia.

Baca juga : Isu Upah Buruh Jangan Dibawa Ke Ranah Politik

“Prabowo lebih jujur dan santai dalam debat pertama ini,” tutur Anis lewat akun media sosial X, Selasa malam (12/12).

Dia menilai, Prabowo adalah sosok yang tidak berusaha tampil menonjol di hal-hal yang tidak diperlukan. Selain itu, pandangan Menhan dinilai lebih teliti.

“Misalnya, dalam soal Papua, sehingga mudah bagi beliau untuk sepakat dengan capres lainnya dalam hal-hal yang memang sejalan aja,” tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.