Dark/Light Mode

Genjot Peningkatan Partisipasi Pemilih Di Pemilu 2024

KPU: Partisipasi Pengaruhi Legitimasi Si Calon Terpilih

Senin, 9 Agustus 2021 06:30 WIB
Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. (Foto: Antara)
Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Pasalnya, tinggi rendahnya angka partisipasi akan menentukan tingkat legitimasi kandidat Calon Gubernur (Cagub) DKI terpilih.

Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menyampaikan, partisipasi pemilih selalu mendapatkan perhatian lebih dari pihaknya selama gelaran Pemilu, baik Pemilihan Presiden (Pilpres), DPR dan DPRD (Pileg), DPD maupun kepala daerah (Pilkada).

Baca juga : Banteng Ogah Dukung Calon Gubernur Lawas

Apalagi, DKI adalah salah satu barometer politik untuk daerah lain. Menurut Betty, partisipasi pemilih adalah salah satu indikator tentang tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya demi kemajuan bangsa. Yang terpenting lagi, partisipasi akan menentukan tingkat legitimasi dari masyarakat terhadap kandidat terpilih.

“Semakin tinggi angka partisipasinya, tentu legitimasi rakyat akan semakin tinggi. Artinya trust masyarakat kepada calon terpilih juga besar,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka.

Baca juga : Pemerintah Mau Buka Rute Penerbangan Langsung India-Bali

Karena partisipasi pemilih di agenda kepemiluan 2024 sangat penting, disebutkan Betty, pihaknya terus melakukan sejumlah upaya meningkatkan partisipasi meski, masih di masa pandemi Covid-19. Upaya pertama,sebunya, menggelar Sekolah Pintar Pemilu (SPP). Program ini lebih banyak menyasar anak-anak sekolah yang pada 2024 akan memiliki hak memilih.

Di SPP ini, jelas Betty, pihaknya memberikan edukasi tentangnya pentingnya mengikuti Pemilu. Termasuk mengajarkan kepada generasi muda tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama gelaran Pemilu.

Baca juga : Pemerintah Siapkan 500 Ribu Tenaga Kerja Untuk Destinasi Super Prioritas

“Pendidikan pemilih memberikan aspek kognisi secara terus menerus dan berharap nantinya, proses demokratisasi berjalan semakin baik, khususnya di DKI Jakarta,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.