Dark/Light Mode

Pensiunkan Dini PLTU Cirebon Power

PLN Beri Bukti Nyata Dukung Emisi Bersih

Jumat, 15 Desember 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Terpisah, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, kesepakatan tersebut dilakukan melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding), terkait Penyelarasan Meka­nisme Transisi Energi.

MoU ini, kata dia, bertujuan untuk mendukung inisiatif dekar­bonisasi di Indonesia dalam lang­kah menuju NZE. Khususnya melalui peningkatan kapasitas pembangkit berbasis EBT.

“Upaya kami, melakukan percepatan pemensiunan operasional PLTU Cirebon pada Desember 2035, diharapkan mampu menghindarkan emisi hingga 30 juta ton CO2 (karbondioksida),” kata Darmo, sapaan Darmawan melalui siaran pers, Senin (4/12/2023).

Baca juga : Penilaian Ganjar Jadi Pecutan, Kaesang: Pemerintah Sekarang Nggak Baper

Ia menuturkan, di bawah arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani, pihaknya bisa mendapatkan dukungan green financing country platform untuk mengekspansi upaya perseroan dalam transisi energi.

“Di bawah skema pendanaan inilah, kami mampu mengekspansi proyek EBT hingga 21,6 GigaWatt (GW),” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meraih kerja sama lainnya terkait transisi energi.

Baca juga : Polda Metro Stop Beri Sanksi Tilang Uji Emisi

Dalam Comprehensive Invest­ment & Policy Plan (CIPP), pihaknya juga akan menge­but pengembangan Accelerated Renewable Energy Develop­ment (ARED), agar mampu mereduksi emisi hingga 127 juta ton CO2 di tahun 2030.

“Kami memerlukan kolabo­rasi global dari sisi kebijakan, teknologi, inovasi, serta investasi dalam menyelamatkan bumi,” ucapnya.

Ia pun merinci, PLN bekerja sama dengan NREL (National Renewable Energy Laboratory), pusat pengembangan EBT asal Amerika Serikat, yang juga bertindak sebagai sekretariat interim Global Power System Transformation.

Baca juga : Gandeng Stanford Doerr, Bukti Nyata IKN Pegang Teguh Prinsip Sustainability

Kerja sama ini, kata Darmo, akan memuat studi pengembangan control center PLN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.