Dark/Light Mode

Digelar di Gerai Alun Alun Indonesia

Jelajah Kopi dan Coklat Nusantara Hadirkan Produk Lokal Berkualitas dengan Penyajian Modern

Sabtu, 9 November 2019 17:45 WIB
Pameran Jelajah Kopi dan Coklat Nusantara, di Gerai Alun Alun Indonesia, di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta. (Foto: Istimewa)
Pameran Jelajah Kopi dan Coklat Nusantara, di Gerai Alun Alun Indonesia, di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi para penggemar kopi dan coklat, cobalah untuk berkunjung ke Gerai Alun Alun Indonesia, di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat. Sampai 28 November mendatang, digelar acara Jelajah Kopi dan Coklat Nusantara. Produk-produk lokal berkualitas disajikan dengan cara modern.

CEO Alun Alun Indonesia, Pinky Sudarman, menjelaskan, kegiatan ini digelar karena kekayaan hasil bumi Indonesia dalam komoditas kopi dan coklat. Bahkan, kopi di beberapa daerah menjadi budaya tersendiri. 

“Kita mengenal budaya ngopi di Aceh atau Belitung. Tapi dari Sabang sampai Merauke semuanya memiliki budaya ngopi,” katanya, di Jakarta, Sabtu (9/11).

Baca juga : Kota Tangerang Ngarep Jadi Percontohan Pembangunan

Di Alun Alun Indonesia, kata Pinky, dikenalkan lagi berbagai kopi nusantara. Seperti Kopi Gayo dari Aceh, Kopi Dolok Sanggul Daru dan Kerinci Sumatera, Kopi Gunung Halu Jawa Barat, Kopi Kintamani, dan Kopi Malo Toraja. 

“Masih banyak lagi bijih kopi yang dihasilkan dari daerah-daerah di Indonesia. Masing-masing memiliki cita rasa yang khas,” katanya.

Menariknya, kopi dan coklat tidak bisa dipisahkan. Setiap ada pohon kopi, tumbuh juga pohon coklat. Seperti, Coklat Krakao Lampung dan Coklat Ndalem Yogyakarta. Sekarang ini, kopi dan coklat menjadi gaya hidup terutama di kota-kota besar. Karena itulah, pihaknya berinisiatif memamerkan produk ini ke Alun Alun Indonesia. 

Baca juga : Grand Design Sayuran dan Tanaman Obat Indonesia Perkuat Daya Saing Produk Hortikultura

“Yang pasti selama pameran, pengunjung tidak hanya bisa merasakan cita rasa khas kopi produksi lokal. Tetapi juga cerita dan cara menyajikan kopi tersebut. Jadi, even ini wajib dikunjungi oleh para penggemar kopi,” ajaknya.

Marketing Communications Coordinator Javanegra Rainforest Coffee, Cynthia Tanidi, mengatakan, kopi Indonesia sudah dikenal di dunia internasional. Terutama Kopi Luwak yang dikenal enak dan mahal. “Kopi Luwak ini banyak dicari karena rasanya yang lembut,” katanya.

Namun, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Terutama terkait isu kekerasan pada hewan. Luwak yang dalam produksinya melibatkan binatang menjadi perhatian dari pecinta binatang di Eropa.

Baca juga : Perempuan Sepuh Ubah Kain Perca jadi Karya Bernilai Tinggi

“Mereka berpikir produksi Kopi Luwak ini menyiksa Musang. Padahal, itu cuma sebagian kecil saja. Para petani kita mengumpulkan biji kopi dari Musang liar. Karena itulah, harganya mahal,” tutupnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.