Dark/Light Mode

Mendag Jajaki Peluang Ekspor Karet Ke India

Rabu, 27 Februari 2019 10:07 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto : Detik.com)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto : Detik.com)

 Sebelumnya 
Ngarep Harga Naik

Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai wakil dari Indonesia menyebutkan kebijakan jangka pendek berupa pengaturan ekspor dari mekanisme Agreed Export Tonnage Scheme (AETS).

Baca juga : Menlu Iran Mundur Lewat Instagram

Kebijakan tersebut dilanjutkan kebijakan jangka menengah dengan memaksimalkan penggunaan karet dalam negeri melalui Demand Promotion Scheme (DPS).

Lalu, kebijakan jangka panjang melalui peremajaan karet alam melalui Supply Management Scheme (SMS). “Dengan mengimplementasikan ketiga kebijakan ini secara konsisten, maka harga diharapkan dapat naik di pasaran,” ungkap Darmin Nasution di kantornya, Senin (25/2).

Baca juga : Garuda Muda Yakin Bawa Pulang Piala AFF Ke Indonesia

Darmin menegaskan kembali pentingnya implementasi AETS sebagai instrumen yang efektif menyelesaikan persoalan ketidakseimbangan stok di pasar global. Dalam hal ini, ITRC memutuskan mengurangi ekspor dari ketiga negara tersebut sebesar 200-300 ribu Metric Ton (MT), untuk jangka waktu tiga bulan ke depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.