Dark/Light Mode

Akui Kepakarannya Dalam Bidang Hukum Tata Negara dan Kepemerintahan

Unhas Resmi Gelari Menteri Syahrul Profesor Kehormatan

Jumat, 18 Maret 2022 07:50 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menerima gelar Profesor Kehormatan Bidang Hukum Tata Negara dan Kepemerintahan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) dari Rektor Unhas Dwia Aries Tina Palubuhu, di Makassar, Kamis (17/03/2022). (Foto: Istimewa)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menerima gelar Profesor Kehormatan Bidang Hukum Tata Negara dan Kepemerintahan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) dari Rektor Unhas Dwia Aries Tina Palubuhu, di Makassar, Kamis (17/03/2022). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Berdasarkan pengalamannya berinteraksi dengan budaya lokal Bugis-Makassar, SYL mengingatkan sistem hukum Indonesia untuk mempertimbangkan basis budaya dan aspek sosiologis dalam teorisasi hukum. “Langkah yang perlu digagas dan komitmen yang harus ditegaskan adalah, bangsa Indonesia harus berani menentukan apa yang paling baik bagi bangsanya, termasuk dalam membangun teori hukum yang memiliki karakteristik ke-Indonesiaan,” tegasnya.

SYL Syahrul menjelaskan konsep pengetahuan hukum tata negara dan administrasi pemerintahan yang didapatkannya melalui pendidikan formal yang dikawinkan dengan kearifan lokal tersebut, turut diterapkan dalam menjalankan amanah sebagai menteri pertanian saat ini. “Kami mendorong petani milenial dan transformasi digital dalam praktek pertanian, karena kami sadar bahwa saat ini telah terbentuk generasi baru petani atau new peasant generation yang mengandalkan teknologi digital dan didorong oleh spirit entrepreneurship. Petani milenial ini kami harapkan bahu-membahu dengan petani generasi tua dalam memajukan dan memoderenkan pertanian Indonesia,” ucap Politisi Partai Nasdem ini.

Baca juga : Asosiasi Pengembang Minta Pemerintah Selesaikan Sejumlah Kendala Sektor Perumahan

Pengukuhan SYL sebagai profesor kehormatan dihadiri oleh berbagai tokoh, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria, Rektor Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Amany Burhanuddin Umar Lubis, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, dan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Andi Amran Sulaiman.

Anggota Komisi X DPR membidangi Pendidikan, Mitra Fakhruddin menyampaikan selamat kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atas gelar profe­sor kehormatan yang diraihnya dari Fakultas Hukum Unhas. “Sejak awal kita memangh sudah mensupport sebagai putra Sulsel dan sebagai Anggota Komisi X, memang beliau sudah sangat layak mendapatkan gelar profesor kehormatan ini,” katanya.

Baca juga : Sore Ini, Pemerintahan Ismail Sabri Teken MoU Dengan Anwar Ibrahim Cs

Politisi muda Fraksi PAN ini mengatakan, sejatinya pengabdian Syahrul baik dunia pemerintahan maupun di dunia akademisi di perguruang tinggi sudah cukup panjang. “Artinya untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah paripurnalah,” lanjut dia.

Mitra yakin Menteri SYL akan lebih termotivasi dan memacu diri untuk terus mengabdikan dirinya kepada masyarakat Indonesia. Dengan amanah jabatan yang juga dibebankan Presiden Joko Widodo sebagai menteri pertanian akan terus lahir berbagai inovasi, gagasan dan terobosan kebijakan yang membuat sektor pertanian lebih handal. “Dan kita lihat hari ini bahwa bangkitnya ekonomi Indonesia di masa pandemi ini karena begitu lihainya Pak Syahrul dalam memajukan sektor pertanian,” jelasnya. [TIM/KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.