Dark/Light Mode

Romo Benny Susetyo

Penting Kita Renungkan Makna Terdalam Paskah Sejati: Mengalahkan Maut

Jumat, 10 April 2020 08:12 WIB
Romo Benny Susetyo, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP (Foto: Istimewa)
Romo Benny Susetyo, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Wabah Corona yang mendunia ini, tentunya akan menimbulkan kecemasan, baik ecara global dan nasional, yang merebak kepada ketidakpercayaan.

Situasi ini menuntut solusi dan pencegahan terhadap penyebarluasan virus Corona. Memutus mata rantainya.

"Dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat. Satu dengan yang lainnya, harus memiliki trust. Karena trust adalah kunci mengatasi segala ketidakpercayaan," tutur Romo Benny.

Baca juga : Kemenag Imbau Umat Kristiani Rayakan Jumat Agung dan Paskah di Rumah

Ia menambahkan, masyarakat juga  harus ikut menjaga dan melindungi diri. Serta meningkatkan solidaritas kepada sesama. Khususnya dengan mengikuti imbauan pemerintah.

"Kita terapkan displin diri, menjaga jarak 2 meter, dan tidak melakukan kegiatan mengundang massa. Utamakan tetap berdiam di rumah, mencuci tangan dengan sabun, jaga kebersihan badan, dan konsumsi makanan bergizi," imbau Romo Benny.

"Paling penting sekarang adalah menjaga diri dengan diam di rumah, dan meminimalisir berkerumun yang akan meningkatkan risiko memaparkan dan terpapar virus Corona. Kepedulian kepada sesama, seyogyanya terpatri dalam sanubari setiap individu merupakan salah satu ciri dan kepribadian bangsa Indonesia yang tertanam dalam sila Pancasila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab," tandasnya.

Baca juga : Irma Minta Pemerintah Libatkan Pemda dalam Penanggulangan Corona

Dengan kata lain, .enjunjung tinggi hak asasi manusia dan mengembangkan persaudaraan berdasarkan nilai-nilai keadilan dan keadaban adalah sebuah keharusan dan kesadaran yang telah terpatri.

Masyarakat diharapkan memiliki jiwa solidaritas dan kesetiakawananan dalam melihat dan mengatasi masalah ini.

Peduli terhadap sesama, dengan tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain yang jauh lebih membutuhkan.

Baca juga : Alex Marwata Sebut Penghentian Penyelidikan 36 Perkara Sudah Sesuai Mekanisme

"Semua hal tersebut harus dilakukan dengan penuh keyakinan. Dengan iman akan kebangkitan mengalahkan maut, kita optimis masa kelam akan berlalu. Yang patut kita tanamkan dan pegang teguh, Minggu Palem kita rayakan dengan jman. Harusnya, hal ini menjadi momentum kita merefleksikan Tri Hari Suci," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.