Dark/Light Mode

Peringati 23 Tahun Reformasi

Amien Ngoceh-ngoceh, Ngabalin Nggak Kaget

Sabtu, 22 Mei 2021 07:40 WIB
Ketua majelis syuro Partai Ummat Amien Rais saat merayakan 23 tahun reformasi di YouTube pribadinya, Kamis (20/5/2021). (Foto: YouTube Amien Rais)
Ketua majelis syuro Partai Ummat Amien Rais saat merayakan 23 tahun reformasi di YouTube pribadinya, Kamis (20/5/2021). (Foto: YouTube Amien Rais)

 Sebelumnya 
“Jangan sampai Pak Jokowi berakhir kurang elegan lah,” katanya.

Rocky Gerung yang mendapat kesempatan bicara, antara lain memuji sepak terjang Amien dan Partai Ummat. “Bagi saya gak penting (Parpol) itu condong kiri atau kanan, tapi apa dia kritis atau oportunis,” komentar Gerung.

Sementara Refly Harun, menilai Partai Ummat akan menjadi partai yang akan diwaspadai oleh kekuasaan saat ini. “Karena tidak ada lagi partai yang dikhawatirkan di Senayan saat ini. Mungkin hanya PKS, itu pun dalam tanda kutip,” sentilnya.

Baca juga : Perindo Kasih 4 Rekomendasi Buat Perdamaian Palestina-Israel

Merespons ocehan Amien, Ngabalin tak kaget. Ia juga tak mempermasalahkan kritik-kritik yang disampaikan Amien. Soalnya, kata dia, Presiden Jokowi bukan sosok pemimpin yang anti-kritik.

“Yang saya sungguh tidak mengerti, kenapa dalam pandangan pak Amien Rais itu, apapun yang dilakukan pak Jokowi tidak pernah ada baiknya,” kata Ngabalin, dalam perbincangan dengan Rakyat Merdeka, tadi malam.

Ia juga mempertanyakan, ukuran apa yang dipakai Amien ketika membandingkan rezim pemerintahan sebelumnya dengan era Jokowi, yang disebutnya lebih jelek dan berbahaya. “Itu yang saya tidak mengerti,” ulangnya lagi.

Baca juga : RI Dan Andorra Jadikan Pemuda Ujung Tombak Kerja Sama

Soal kritik Amien terhadap anak dan mantu Presiden Jokowi yang jadi Wali Kota, sebagai salah satu bentuk nepotisme, juga dinilai Ngabalin tak berdasar. “Saat ini siapa yang bisa menutup ruang orang lain untuk menggunakan hak-hak politiknya. Jadi harus tetap mesti berbaik sangka. Jangan su’udzon,” pesan Ngabalin.

Bagaimana penilaian pengamat soal sikap Amien? Pengamat politik, Adi Prayitno maklum dengan sikap Amien. Salah satu tokoh reformasi itu, adalah penganut mazhab kritis, siapapun rezim kekuasaannya.

Yang disayangkan, kata Adi, daya rusak kritik Amien saat ini tak seampuh dulu. Bukannya mendapat simpati, kritik mantan Ketua MPR itu justru menuai serangan balik. Berbeda dengan dulu, dimana banyak pernyataan kritisnya di-quote dan diperjuangkan. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.