Dark/Light Mode

Akan Mulai Diterapkan Akhir Tahun Ini

Bayar Tol Nirsentuh Miliki Banyak Benefit

Senin, 30 Mei 2022 07:30 WIB
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

 Sebelumnya 
“Salah satu keunggulan MLFF yakni menggunakan smartphone sebagai salah satu platformnya,” terangnya.

Resdiansyah menambahkan, teknologi MLFF merupakan salah satu sistem operasional jalan tol yang sangat ideal diimplementasikan. Terutama dalam mengantisipasi kondisi stop and go condition di gerbang pembayaran tol.

Resdiansyah mengungkapkan, ada saran dari Intelligent Transport System Indonesia (ITS), sambil mempersiapkan infrastrukturnya, secara paralel bisa dilakukan proven teknolo - ginya, melalui uji coba terbatas.

Baca juga : Penanganan Mudik Tahun Ini Bikin Happy, 73 Persen Rakyat Puas

Selanjutnya, secara bertahap digunakan di beberapa ruas tol untuk memastikan beberapa hal krusial.

“Adanya potensi kebocoran. Seperti penyalahgunaan/tidak membayar/kegagalan teknologi, lingkungan jaringan internet, pemalsuan identitas pelat nomor kendaraan, dan lainnya,” pungkas Resdiansyah.

Menanggapi hal ini, pemilik bisnis e-money terbesar dan yang utama, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus mengikuti perkembangan rencana tersebut.

Baca juga : Erick: Semua Menteri Memang Turun Ke Bawah, Tolong Jangan Berpikiran Sempit

“Ya, sampai saat ini kami terus memonitor dan mengkaji kebijakan soal transisi pembayaran jalan tol. Yang tadinya menggunakan e-toll, akan beralih ke sistem pembayaran MLFF,” jelas Senior Vice President (SVP) Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebagai gambaran, saat ini, Kementerian PUPR tengah melakukan pengembangan atas infrastruktur Sistem Transaksi Tol Non-tunai nirsentuh berbasis sistem MLFF di jalan tol.

Karena itu, sebagai bank yang memiliki layanan perbankan, Bank Mandiri akan senantiasa berkolaborasi dengan pihak manapun agar mampu berkontribusi dalam menghadirkan layanan terbaik kepada masyarakat. “Terkait layanan ini, kami juga siap mendukung inisiatif dari kementerian terkait,” tegas Thomas.

Baca juga : Arus Balik, Kapolri Siapkan Strategi Urai Kepadatan Di Jalan Tol Dan Pelabuhan Bakauheni

Terpisah, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menjelaskan, seluruh gerbang tol di Indonesia akan menerapkan transaksi tanpa henti dengan teknologi MLFF.

“Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol. Di mana nanti sebagian gardu pada setiap gerbang tol, masih dapat menggunakan kartu tol elektronik,” ujar Danang dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5).

Ia memastikan, penerapan sistem ini rencananya dilakukan akhir tahun 2022. Namun, untuk ruas jalannya, masih dalam pembahasan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.