Dark/Light Mode

Adu Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid dan Toyota Innova Zenix, Pilih Mana?

Selasa, 27 Desember 2022 17:24 WIB
Wuling Almaz Hybrid. (IST)
Wuling Almaz Hybrid. (IST)

 Sebelumnya 
Melihat fiturnya, Wuling Almaz hybrid lebih unggul, dengan kursi depan elektrik, jok kulit, wireless charger dan beragam panel soft touch.

Teknologinya, Wuling memberikan yang cukup mutakhir di level harga Rp 400 jutaan dengan ADAS (Advance Driver Assistance System) yang mencakup atas Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA).

Selain itu, Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruiser Assistance (ICA).

Toyota Kijang Innova Zenix, ternyata tidak menyertakan fitur yang serupa, yaitu Toyota Safety Sense (TSS) di varian G dan V. Teknologi ini, baru ada di tipe Q yang menjadi model paling tinggi.

Baca juga : Wuling Almaz RS EX, Dibanjiri Fitur dan Teknologi Terkini

Selain itu, Almaz Hybrid telah dijejali fitur menarik seperti Internet on Vehicle (IoV), dan Toyota Innova Zenix tidak dilengkapi teknologi tersebut.

Melalui IoV, mobil terkoneksi dengan internet dan bisa berperan sebagai device berbasis internet layaknya telepon genggam.

Voice command menjadi fitur yang ditawarkan Almaz Hybrid yang tidak ada di Toyota Innova Zenix tipe V.

Fitur yang disebut WIND atau Wuling Indonesian Command mampu menerima puluhan perintah dari mulai buka-tutup jendela hingga membuka navigasi.

Baca juga : Airlangga Dorong Toyota Ekspor Innova Zenix Ke 50 Negara

Dari jantung penggerak, kedua model ini menawarkan spesifikasi yang cukup setara, sama-sama berbekal mesin berkapasitas 2.000cc tanpa turbo.

Urusan performa, dengan spesifikasi tersebut, Wuling Almaz Hybrid mampu memuntahkan tenaga sebesar 123 tk pada 5.600 rpm, dan torsi maksimum 168 Nm pada 4.000 hingga 4.400 rpm.

Sistem hybridnya, mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang menyimpan tenaga sebesar 174 tk dan torsi 320 Nm.

Sedangkan Innova Zenix Hybrid, memiliki tenaga sebesar 150 tk pada 6.000 rpm dan torsinya 187 Nm pada rentang 4.400 rpm hingga 5.200 rpm. Motor listriknya bertenaga 111 tk dengan torsi 206 Nm.

Baca juga : Tak Teliti, Penumpang Kena Tarif Lebih Mahal

Mesin Wuling Almaz Hybrid ini dikawinkan dengan sistem transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Toyota Kijang Innova Zenix hybrid, menggunakan sistem transmisi e-CVT.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.