Dark/Light Mode

Sukses Genjot Muatan Balik Tol Laut

Menhub Minta Operator Tiru Morotai Dan Dobo

Senin, 26 April 2021 05:34 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta muatan balik tol laut harus terus dioptimalkan. Hal itu disampaikan Menhub saat melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (24/4). (Foto : Dok. dephub.go.id)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta muatan balik tol laut harus terus dioptimalkan. Hal itu disampaikan Menhub saat melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (24/4). (Foto : Dok. dephub.go.id)

 Sebelumnya 
Dengan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk meman­faatkan pengiriman barangnya dengan kapal tol laut, kata BKS, akan semakin meningkatkan eksistensi dan daya saing produk barang UMKM.

“Lebih dari 50 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Kalau kita bisa fasili­tasi dengan baik, daya saing mereka akan bertambah karena subsidi tol laut diterima lang­sung oleh saudara kita para pelaku UMKM,” tuturnya.

Baca juga : Maksimalkan Tol Laut, Kemenhub Perbanyak Trayek Baru

BKS berharap, kapal tol laut tidak dimonopoli suatu perusa­haan tertentu. Jadi, para pelaku UMKM yang sesungguhnya membutuhkan subsidi dari pro­gram tol laut malah tidak menda­patkan subsidi.

Menurutnya, para pelaku UMKM tidak mungkin mem­borong 1 kontainer. Untuk itu, perlu dipikirkan suatu cara seperti membuat suatu paket, misalnya paket 100 kilogram atau paket 500 kilogram.

Baca juga : Menkes Bangga Lihat Banyak Peneliti Kembangkan Vaksin

“Artinya, di dalam satu kontainer 20 ton itu, bisa di­kumpulkan beberapa barang dari para pelaku UMKM,” ucapnya.

Sementara, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yahya Kuncoro mengungkapkan, Pelni mengalami pertumbuhan lonjakan mua­tan logistik tol laut pada kuar­tal l-2021 hingga 188 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga : Optimalkan Muatan Balik Tol Laut, Kemenhub Gencar Sosialisasi Ke Pemda

Yahya menjelaskan, lonjakan kenaikan logistik tak hanya terjadi pada tol laut. Tapi juga muatan kontainer penumpang hingga 106 persen.

“Selain itu, muatan redpack atau paket yang diselengga­rakan di luar bagasi tumbuh hingga 152 persen dibanding­kan kuartal awal tahun lalu,” ungkapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.