Dark/Light Mode

Etika Politik dalam Al-Qur’an (3)

Mengapa Tidak Ada Kata Politik (Siyasah) Dalam Al-Qur’an?

Minggu, 27 Januari 2019 07:08 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pola suksesi kepemimpinan yang dirintis Indonesia ini diapresiasi oleh negara-negara mayoritas berpenduduk muslim. Langsung atau tidak langsung, trend suksesi kepemimpinan di Indonesia menginspirasi terjadinya ‘Badai Gurun’, dimana sejumlah negara ‘dipaksa’ menjadi negara demokrasi oleh rakyatnya.

Memang tidak ada dasar hukum yang dilanggar dengan pola suksesi demokrasi. Al-Qur’an tidak memberikan penjelasan tentang tata cara penentuan, pemilihan, dan penetapan pemimpin umat atau kepala pemerintahan.

Baca juga : Etika Politik Qur’ani: Sebuah Pengantar

Rasulullah sendiri juga tidak pernah memberikan wasiat atau petunjuk tentang proses pergantian kepemimpinan di dalam Islam. Sampai saat-saat terakhir kehidupannya pun tidak memberikan stetmen politik.

Ini semua pertanda bahwa urusan suksesi adalah urusan kontemporer duniawi, yang dapat dilakukan dan dipilih sendiri oleh masyarakat dan umat berdasarkan kebutuhan obyektifnya. Islam hanya menggariskan musyawarah jalur terbaik dalam menyelesaikan segala hal. Sistem demokrasi lebih dekat kepada system syura daripada system monarki.

Baca juga : Strategi Globalisasi Ummat

Terbatasnya ayat-ayat Al-Qur’an membicarakan soal hidup kemasyarakatan umat, termasuk politik suksesi, ternyata mempunyai banyak hikmah besar. Diantaranya masyarakat selalu dinamis dan senantiasa mengalami perubahan dan berkembang mengikuti peredaran zaman.

Apa jadinya jika peraturan dan hukum absolut yang mengatur masyarakat terlalu banyak apalagi terperinci, maka sudah barangtentu dinamika masyarakat akan menjadi kaku dan terikat. Dengan kata lain perkembangan masyarakat akan menjadi terbelenggu oleh aturan dan manusia akan kehilangan kemerdekaannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.